Cara melakukan Shooting bola basket

Posted by


Cara melakukan Shooting bola basket – Setelah sebelumnya saya telah berikan informasi Cara melakukan lay-up dalam bermain basket, kali ini saya masih akan memberikan tips mengenai trik bermain basket yaitu shooting. Di dalam dunia basket mencetak poin adalah hal utama untuk menang. Banyak cara untuk memperoleh poin tersebut, salah satu yang paling sering dijumpai adalah Shooting ke dalam ring baik 2 atau 3 point.

Teknik-teknik cara shooting dengan baik :

Cara Berdiri
Hal pertama yang penting untuk melakukan shooting tapi kadang sering terlupakan adalah posisi berdiri. Cara berdiri harus benar dan tegak, jangan miring, buat posisi yang menurut Anda nyaman. Relax. Kaki direntangkan selebar bahu. Lutut ditekuk sedikit sampai otot paha mempunyai kekuatan untuk melakukan dorongan untuk shooting. Bila merasa belum kuat untuk melempar dengan kaki sejajar, disarankan untuk kaki kanan lebih maju kedepan daripada kaki kiri, tapi ingat jangan terlalu maju, cukup sedikit saja untuk hanya sekedar memberikan dorongan kuatnya shooting. Bahu dan badan menghadap lurus ke ring basket. Perlu diingat juga ketika melakukan lompatan untuk shooting, lompat lurus atau sedikit ke bagian depan.

Cara Memegang Bola
Cara memegang bola ini juga sama pentingnya dengan cara berdiri. Tangan kanan adalah landasan dan seharusnya tepat dibawah bola dengan pergelangan tangan mengarah ke belakang. Tangan yang lain digunakan untuk membantu keseimbangan bola saat mengincar bola pada ring basket. Tips tambahan dari saya bila merasa sudah kuat, baiknya gunakan dorongan bola dengan jari karena lebih mudah mengarahkan.

Set Point
Set Point atau tepatnya titik nyaman melakukan shooting, mungkin hal ini harus dicari sendiri. Tapi yang perlu diperhatikan letakan bola setinggi dahi, atau di atasnya agar dapat menghindari block dari tim lawan. Tetapi jangan menempatkan bola di belakang kepala, hal ini akan menyebabkan shooting menjadi lebih datar dan kontrol bola di udara menjadi lebih sulit.

Dorongan Bola
Kebanyakan tenaga untuk melakukan shooting berasal dari doronga ke atas oleh lompatan (khususnya jump shot), atau dorongan ke atas dari paha (ketika melakukan free throw). Jangan menambah kekuatan dengan otot lengan atau pergelangan tangan ketika melakukan shooting jarak yang lebih jauh (seperti 3-points), biarkan otot yang berada pada kaki yang bekerja. Lepaskan bola ketika melompat naik, bukan ketika turun dari lompatan.

Mengarahkan Bola ke Ring Basket
Tentukan titik tujuan, bisa bagian belakang dari ring basket, atau tepat diatas ring basket bagian depan, atau pada papan (jika melakukan bank shoot). Bank shoot adalah memantulkan bola pada titik tengah kotak kecil di atas papan basket. Konsentrasi pada titik tersebut, dan jangan melihat bola. Bola akan mengikuti arah yang dibuat kalau kalian dapat mengarahkan bola dengan baik.

Cara Melepaskan Bola
Ini teknik yang paling penting dan harus selalu diasah, Gunakan bahu sebagai engsel, lengan kanan menjulur ke depan mengarah ke ring basket (dengan siku tetap di dalam), siku lengan diluruskan, kemudian bola dilepaskan dengan bantuan gerakan pergelangan tangan dan ujung jari. Hal ini akan mengakibatkan spin bola mengarah kebelakang seperti yang selalu dilakukan shooter-shooter yang handal. Kenapa harus spin ? sekali lagi, semua ini agar bola dapat di kontrol dengan baik dan masuk dengan sempurna. Spin bola juga dapat menciptakan pantulan yang menguntungkan, dan menghasilkan skor meskipun shooting tidak dilakukan dengan sempurna. Lakukan shooting dengan arah seperti busur lingkaran, bukan datar, shooting dengan arah seperti itu mempunyai kemungkinan masuk yang lebih besar karena ukuran ring basket lebih besar dan lebar untuk sebuah bola yang datang dari atas. Jangan mendorong bola dengan telapak tangan, lepaskan bola ke ujung jari, pastikan siku lengan lurus.

Jika ingin melakukan shooting dengan jarak yang lebih jauh, jangan mengubah cara melepaskan bola, tetapi gunakan tenaga tambahan dari lompatan, atau rendah. Jangan menarik bola ke belakang kepala sebelum melepaskannya karena akan mengakibatkan arah bola menjadi jauh lebih datar dan tidak teratur.

Sekian Informasi tentang Cara melakukan Shooting bola basket dengan baik dalam bermain basket yang dapat saya berikan, semoga artikel saya dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian. Baca juga Lebar Lapangan Badminton.


Blog, Updated at: 10.13

0 komentar:

Posting Komentar