Daftar Kejuaraan Bulutangkis Dunia

Posted by

http://sport-information2.blogspot.com/

Daftar Kejuaraan Bulutangkis Dunia - Piala Thomas merupakan kejuaraan pertama yang dibuat oleh IBF pada tahun 1948. Piala Thomas adalah kejuaraan dunia yang melibatkan para pemain khusus lelaki. Selepas Piala Thomas diperkenalkan, Tahun 1948 beberapa kejuaraan dunia lain turut dipertandingkan seperti Piala Uber, Sudirman Cup, World Junior dan World Grand Prix Finals.

Piala Thomas
Kejuaraan Piala Thomas adalah kejuaraan utama badminton antar  negara. Dimana melibatkan grup setiap negara yang diwakilkan oleh atlet badminton lelaki terbaik, kejuaraan ini diadakan dua tahun sekali. Kejuaraan ini diberi nama Piala Thomas karena merupakan nama Presiden IBF Sir George Alan Thomas yang membuat piala ini pada tahun 1939. pertandingan pertama berlangsung pada tahun 1948-1949. kejuaraan pertama diadakan di Queen’s Hall, Preston, England. Malaysia yang pada waktu itu masih sering disebut dengan Malaya berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Denmark 8-1 di partai final.

Indonesia sendiri berhasil menjuarai Piala Thomas sebanyak 13 kali diikuti China sebanyak enam kali dan Malaysia lima kali. Pada 12 periode awal kejuaraan ini berlangsung setiap tiga tahun sekali, mulai tahun 1984 format tersebut diubah menjadi tiap dua tahun sekali dan digelar bersamaan dengan piala uber.

Piala Uber
Kalau Thomas dikhususkan untuk laki-laki, Uber merupakan kejuaraan yang serupa dengan Thomas hanya melibatkan Atlet wanita. Nama uber diambil dari H.S. Uber yang merupakan seorang pemain badminton wanita terbaik dari England pada tahun 1956-1957. Pertandingan Piala Uber yang pertama diadakan di Lytham St. Annes di Lancashire, Britain pada tahun 1957. Amerika Syarikat berhasil menjuarai Turnamen pertama dengan juga mengalahkan Denmark 6-1 pada partai final. Tercata baru empat negara yang berhasil menjuarai piala Uber yaitu Amerika Serikat, Jepang, China dan tentunya Indonesia.

Piala Sudirman
Piala Sudirman merupakan kejuaraan badminton dunia yang tidak kalah bergengsi, diadakan setiap dua tahun. Kejuaraan ini dinamakan sudirman mengambil nama dari mantan pemain Indonesia yaitu Dick Sudirman. Dick Sudirman merupakan salah satu pemain terbaik dunia dan merupakan penggagas Persatuan Bulu Tangkis Indonesia ( PBSI). Kejuaraan ini pertama kali digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia pada tanggal 24-29 Mei 1989.

Sepanjang turnamen kejuaraan ini baru ada lima negara yang berhasil menjadi juara yaitu China, Indonesia, Korea Selatan, Denmark dan Inggris.

Sekian Informasi tentang Daftar Kejuaraan Bulutangkis Dunia yang dapat saya berikan, semoga artikel saya dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian. Baca juga Ukuran Lapangan Olahraga Bola Voli.


Blog, Updated at: 09.29

0 komentar:

Posting Komentar